Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

Shade Toon di Blender 2.7/2.8 Beginilah Cara Buatnya

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

Shade Toon di Blender 2.7/2.8 Beginilah Cara BuatnyaBlender memang diciptakan untuk membuat keperluan objek 3D. Meskipun begitu ternyata kita bisa loh membuat objek yang dibuat seakan berbentuk 2D bergaya kartu seperti shading gaya Anime dengan shader yang dibuat menggunakan Open Shading Language (OSL). Namun bagaimana cara membuatnya ? Yuk ikuti :

Prasyarat

Level : Menengah (Butuh pengetahuan dasar untuk melakukan tutorial ini)
Versi Blender : 2.7.x / 2.8.x

Langkah Shade Toon di Blender :

1. Download Cycle OSL Toon Shader, Namun jika belum punya akun silakan register dulu di blendswap nya yaa.

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

2. Extract file .blend yang ada di dalam zip yang telah didownload pada tahap pertama ke folder yang kamu inginkan.

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

3. Buka project kamu di Blender yang sebelumnya sudah ada atau jika kamu ingin melakukan eksperimen bisa membuat objek Monkey seperti pada tutorial ini. Jika sudah lalu klik menu File > Append

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

4. Cari dan pilih file .blend yang sudah diextract pada tahap nomor 2 tadi lalu klik 2x maka akan banyak folder dan masuk ke folder “Text” kemudian seleksi kedua file yaitu Toon.osl dan Edge.osl dan klik tombol Append

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

5. Masuk ke menu “Render Properties” seperti pada gambar dibawah pastikan render engine ada di opsi cycles dan ceklis Open Shading Language

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

6. Masuk ke workspace shading atau bisa juga dengan cara split window menjadi dua dan pilih salah satu window dengan shader editor. Pastikan kamu sudah membuat material baru seperti gambar dibawah.

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

7. di Shader Editor pilih menu Add (atau shortcut shift+a) pilih Script dan klik opsi Script

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

8. Hapus shader lain dan pastikan di shader editor hanya terdapat script dan material output saja.

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

9. Pastikan pada menu script kamu memilih internal. Klik kotak yang ada dibawahnya hingga kamu menemukan opsi seperti gambar dibawah yakni edge.osl dan toon.osl yang merupakan file append dari cara nomor 4 sebelumnya. Silakan pilih salah satu dulu, perbedaanya akan dijelaskan diakhir. Minsalnya disini kita menggunakan toon.osl dahulu

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

10. Hubungkan BSDF script ke Surface Material Output seperti dibawah

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

11. Silakan ubah warna yang ada dan coba eksperimen yakni : Color Diffuse untuk warna utama, Color Specular untuk warna pantulan cahaya highlight dan Color Shade untuk warna shading bayangan shadow. Untuk melihat preview ubah viewport shading ke Rendered. Silakan eksperimen angka value yang ada dibawah-nya sesuai selera.

Shade Toon di Blender 2.7/2.8  Beginilah Cara Buatnya

12. Untuk menambah warna tinggal buat material baru yang berbeda, silakan copy dan paste shader script yang ada di material sebelumnya yang telah dibuat, seleksi vertex dan assign dengan material yang baru. Selamat kini kamu berhasil membuat toon shader di Blender.

Penutup

Nah sesuai janji sebelumnya, pada shader ini terdapat dua opsi yakni edge.osl dan toon.osl perbedaanya adalah edge untuk keperluan garis yang tidak akan terpengaruh cahaya dan toon adalah shader yang memiliki highlight dan shadow.

Kelebihan cara ini :

  • Toon shader memiliki variasi parameter yang dapat disesuaikan untuk membuat banyak tampilan berbeda
  • Tepi garis shading memiliki tampilan alami, seperti sapuan tangan
  • Cara ini memiliki waktu render yang lebih cepat
  • Merespon pencahayaan (bisa dinyalakan dengan lampu)

Kelemahan Cara ini:

  • Beberapa geometri tambahan harus dibuat untuk membuat garis
  • Shader toon tidak bereaksi terhadap emitter mesh atau sumber cahaya non-lampu lainnya

Nah bagaimana ? begitulah Shade Toon di Blender. Meski dibalik kelemahan dan kelebihan yang ada, namun cara ini adalah cara yang cukup mudah dengan hasil yang lebih maksimal dibanding metode membuat toon shader cara lainnya. Jika kamu bingung ataupun ada pendapat silakan tanyakan dikolom komentar yaa, semoga bermanfaat !


Masih punya pertanyaan?

Kalau masih bingung tentang DKV tanyakan aja di Forum Diskusi Portal Dekave, Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *