Persepsi Jarak

7 Persepsi Jarak Penentu Dimensi dalam Karya Desain mu

Persepsi Jarak

Desain adalah ilmu yang tidak pasti, tidak ada yang salah dan benar, semua seakan tergantung selera. Antara semua ilmu yang tidak pasti itu ada beberapa hal yang sudah dipastikan orang lain mempunyai anggapan yang sama, yaitu persepsi. Persepsi berhubungan dengan psikologi umat manusia, maka dari itulah persepsi visual bisa dikatakan ilmu pasti yang bisa diterapkan dalam desain, baik ilustrasi, komposisi desain, fotografi dan lain sebagainya. Lalu apa saja yang dapat mempengaruhi persepsi visual?

Dengan adanya ilmu persepsi jarak, kita dapat membuat visual yang terlihat seperti jauh, ataupun dekat, dengan hanya mengandalkan media 2 dimensi.


Superposition

7 Persepsi Jarak Penentu Dimensi dalam Karya Desain mu 1

Taruh kedua objek dengan ukuran yang sama, dengan memberi satu objek lainnya perpotongan atau berikan outline pada objek tersebut. Bisa terlihat bahwa objek 1 seakan menutupi objek 2, dan dapat membangun persepsi bahwa seakan – akan objek 1 berada di depan, dan objek 2 berada dibelakang.

Relative Size

7 Persepsi Jarak Penentu Dimensi dalam Karya Desain mu 2

Dengan menaruh benda dengan ukuran berbeda di tempat yang sejajar, akan memunculkan persepsi bahwa benda yang kecil terlihat lebih jauh ketimbang benda yang lebih besar.

Height in Field

7 Persepsi Jarak Penentu Dimensi dalam Karya Desain mu 3

Dengan menaruh 2 buah benda yang sama, namun dengan ketinggian yang berbeda kita bisa melihat dan membuat kesan bahwa benda yang lebih tinggi dan tidak sejajar dengan garis lurus terlihat lebih jauh.

Gradient of Texture

7 Persepsi Jarak Penentu Dimensi dalam Karya Desain mu 4

Gradient of texture biasanya terdapat pada permukaan yang tidak rata seperti batu – batuan, pasir, dan permukaan bergelombang. Semakin halus gradient texture nya akan memberi makna semakin jauh jarak nya.

Linear Perspective

7 Persepsi Jarak Penentu Dimensi dalam Karya Desain mu 5

Objek yang jauh akan tampak lebih mengecil dan mengerucut. Seperti contoh jalan dirumah, jika kita berdiri ditengah jalan tersebut, dan melihat ke kejauhan maka jalan akan terlihat menyempit serta aka memberikan makna bahwa ujung dari jalan tersebut terlihat jauh.

Clearness

7 Persepsi Jarak Penentu Dimensi dalam Karya Desain mu 6

kejelasan suatu objek akan terlihat lebih dekat dibanding yang gambarnya terlihat kabur. Seperti contoh adalah pemandangan sebuah gunung di hari yang cerah akan terlihat lebih dekat karena terlihat lebih jelas. Bandingkan ketika gunung tersebut sedang diselimuti kabut yang tebal, maka akan memberikan makna bahwa gunung tersebut terlihat sangat jauh.


Itulah persepsi jarak yang akan memberikan sebuah dimensi dalam desain mu. Mungkin selama ini banyak yang tidak menyadari bahwa di karya mereka terdapat salah satu unsur tersebut untuk memberikan sebuah dimensi kedalaman atau dimensi jarak. Dalam dunia 3D pun sudah dapat dipastikan semua unsur diatas telah masuk didalamnya.

Setelah mengetahui persepsi jarak dalam desain, baiknya kamu membaca juga prinsip-prinsip dalam desain supaya karya mu semakin membaik.


Masih punya pertanyaan?

Kalau masih bingung tentang DKV tanyakan aja di Forum Diskusi Portal Dekave, Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *