Skip to main content

Penjelasan Definisi Sinematografi dalam Dunia DKV !

Advertisements
Sinematografi dalam DKV
Meskipun bidang keilmuan DKV itu sendiri jika kita ambil dari namanya hanya mempelajari visual,  namun seiring waktu DKV berkembang ke ranah Audio Visual juga salah satunya adalah sinematografi. Selintas jika kita mendengar kata sinematografi  yang ada di benak kita mungkin adalah sebuah film. Namun benarkah demikian ? atau ada penjelasan yang lebih tepat ? Jika kalian mencari definisi secara terperinci, saya ucapkan selamat, karena anda berada di website yang tepat. Maka dari itu kini Portal Dekave akan bahas secara tuntas
Sinematografi adalah kata serapan dari bahasa Inggris Cinematography  yang berasal dari bahasa Yunani yaitu κίνημα (kinema) yang artinya gerakan dan γράφειν (graphein) yang artinya merekam sehingga jika digabungkan menjadi merekam gerakan sehinnga dari sini sinematografi disebut juga Seni dalam membuat “visual movements”. Namun, jika kita ambil dari KBBI Sinematografi memiliki arti teknik pembuatan film. Jika kita simpulkan dari pengertian semua tadi tadi maka Definisi Sinematografi adalah ilmu terapan yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan sekaligus menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memililki kemampuan menyampaikan ide dan cerita.
Dalam artian luas, sinematografi bukan hanya teknik memikirkan cara pengambilan gambar melalui kamera seperti framing dan angle gambar saja, namun lebih luas dari itu!, semua hal tentang pembuatan sinema, dari menentukan ide cerita, kata-kata, aksi, emosi, tone, dan berbagai format komunikasi nonverbal kita pelajari di sinematografi. Hal yang tadi lalu dimeramu dalam karya visual yang hasil akhirnya adalah menyampaikan amanat, pesan, ekspresi dan perasaan dalam sebuah sinema. 
Cukup seru jika kita membahas Sinematografi, yang penting hal yang harus diperhatikan di sinematografi adalah kepahaman, kerjasama tim dan kreatifitas.  masih banyak hal yang harus kita bahas untuk memahami ilmu ini secara penuh, namun jangan khawatir, tunggu update selanjutnya di Portal Dekave karena kita akan bahas tuntas dari hal yang mendasar hingga advance. Jika punya pertanyaan silakan tinggalkan komentar ya, Terimakasih!

Advertisements

Tentang Penulis

Yusril Ibnu

The user-centric designer. Always think critically and must know the reason behind the design. Born to be a leader but love to learn. 7 years consistently in Visual Communication Design from high school to university.

Lihat semua tulisan Yusril Ibnu

💬 Yuk beri pendapat dan komentarmu!

🔎 Masih punya pertanyaan terkait masalah desain dan DKV?

Gak usah insecure gitu dong. Yuk langsung ditanya aja #PastiDijawab

Buka Forum Diskusi