Mengecilkan Ukuran File Foto Gambar dengan Cepat, Begini Caranya!

Mengecilkan Ukuran File Foto Gambar dengan Cepat, Begini Caranya!

Mengecilkan Ukuran File Foto Gambar dengan Cepat, Begini Caranya!

Kebutuhan dalam mengirimkan file foto ke internet memang cukup tinggi. Namun terkadang foto yang ingin kita kirim tidak bersahabat karena ukuran file foto yang terlalu besar sedangkan ketentuan atau internet kita untuk upload file jpg, png, gif atau apapun itu terbatas. Apakah kamu mengalami hal yang demikian ? berikut cara mengecilkan ukuran file foto dengan mudah dan cepat :

Cara Mengecilkan Ukuran File Foto Gambar dengan Cepat :

  1. Download aplikasi Radical Image Optimzation Tool (RIOT) yang hanya berukuran 2 mb saja.
  2. Install aplikasi tersebut dengan membuka file yang didonwload dan klik next berkali – kali hingga selesai. Kamu juga bisa sesuaikan lokasi penyimpanan sesuai kebutuhan.
  3. Buka Aplikasi tersebut lalu ke menu File > Open pilih foto yang akan kamu optimasi ukurannya.
  4. Jika ada konfirmasi optimasi ukuran tekan Yes saja
  5. Tentukan Lebar atau Panjang pixel ukuran yang kamu inginkan. Pastikan Keep Aspect Ratio terceklis untuk memastikan foto kamu tidak gepeng (stretch)
  6. Tentukan resample sampling sesuai kebutuhan, semakin atas maka kualitasnya semakin bagus namun membutuhkan proses yang lebih lama begitu sebaliknya.
  7. Tekan Oke kemudian simpan dengan memilih menu save di lokasi yang kamu inginkan.

Cara ini merupakan cara yang efektif untuk mengecilkan ukuran file foto apalagi jika kamu memiliki internet yang terbatas karena jikalau pun ada alternatif lain dengan menggunakan website online namun tentu kamu harus upload foto kamu yang cukup besar terlebih dahulu sehingga akan membutuhkan waktu yang justru lebih lama.

Aplikasi Radical Image Optimzation Tool yang disingkat RIOT merupakan aplikasi gratis sehingga tidak ada batasan dan kamu dapat menggunakannya secara cuma-cuma. Aplikasi ini pun dapat resize, compress dan optimasi foto secara masal (batch).

RIOT mendukung format JPEG, GIF dan PNG. RIOT memiliki kelebihan karena kita dapat melihat secara langsung perbedaan file sebelum dan sesudah dioptimasi serta memberikan variasi resample sehingga bisa diatur sesuai kebutuhan. Hasil file kompresi pun cukup baik dengan ukuran minim. Ukuran yang kecil serta tersedia versi portable menjadi nilai plus aplikasi ini. Bukan hanya itu. kemudahan penggunaan serta tampilannya yang simpel juga cukup membantu dalam mengkompresi foto.

Baca Juga : Inilah Perbedaan Desainer Pendidikan Formal dengan Si Desainer Hobi


Masih punya pertanyaan?

Kalau masih bingung tentang DKV tanyakan aja di Forum Diskusi Portal Dekave, Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *