Memahami Perbedaan 72 DPI dengan 300 DPI pada Gambar

Memahami Perbedaan 72 DPI dengan 300 DPI pada Gambar

Memahami Perbedaan 72 DPI dengan 300 DPI pada Gambar
DPI merupakan singkatan dari Dot Per Inch yang artinya DPI adalah sebuah satuan yang berdasarkan banyaknya dot (titik lingkaran terkecil) tiap inci-nya. DPI digunakan dalam resolusi output yakni printer. Jadi, DPI itu adalah jumlah titik dalam tinta fisik yang dicetak oleh sebuah printer. Standarnya DPI tinggi itu 300. [1]

DPI dan PPI seringkali disama artikan karena memiliki rasio yang sama yakni 1:1. Semakin tinggi DPI tentu kualitas yang diperlihatkan akan lebih baik. Lalu kenapa ada perbedaan standar 72 DPI mengapa tidak semua 300 DPI saja ? bukan nya lebih baik ? mari kita jawab.

72 DPI

Tidak semua perlu DPI yang tinggi inilah alasan mengapa 72 DPI hadir. Layar monitor akan dilihat dari jauh tidak seperti hasil print yang bisa di dilihat dari dekat. Hal ini membuat 72 DPI lebih efektif untuk keperluan digital. Lagi pula 72 DPI sudah sangat baik untuk kebutuhan yang ditampilkan di layar. Kelebihan yang dimiliki 72 DPI adalah ukuran gambar yang jauh lebih ringan. Website di internet akan jauh lebih cepat membuka gambar 72 DPI.

300 DPI

Berbeda dengan keperluan digital, percetakan seperti poster, flyer dan pamflet perlu resolusi yang lebih tinggi dengan menggunakan 300 DPI. Jika percetakan menggunakan resolusi dibawah itu maka hasil yang didapatkan akan terlihat pecah dan kurang baik apalagi jika dilihat detail dari dekat. Namun ada beberapa percetakan ukuran besar menggunakan resolusi DPI yang lebih rendah bisanya ini diperuntukkan untuk sesuatu yang dilihat lebih jauh. Jelas 300 DPI memiliki resolusi yang lebih tinggi dan tajam namun ini sebanding dengan ukuran file yang jauh lebih besar.
______________________
72 DPI dan 300 DPI sebenarnya bukan satuan mutlak yang harus diikuti, besarnya DPI dapat disesuaikan dengan keperluan, bisa saja 200, 400 atau berapa-pun yang kamu mau sesuai dengan kebutuhan. Namun secara umum 72 DPI dipergunakan untuk keperluan digital sedangkan 300 DPI untuk keperluan percetakan. 
Baca Juga : 

Masih punya pertanyaan?

Kalau masih bingung tentang DKV tanyakan aja di Forum Diskusi Portal Dekave, Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *