Ketentuan yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Portofolio

Ketentuan yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Portofolio

Portofolio bukanlah hal yang mudah untuk dibuat. Perlu adanya keahlian dan karya yang baik dalam membuatnya. Namun, terkadang kita bingung hal apa saja sih yang boleh dibuat dan yang harus dihindari saat kita sudah menentukan media portofolio yang dipilih. Maka dari itu kali ini Portal Dekave akan membahas apa saja ketentuan yang harus diperhatikan dalam membuat portofolio.

1. Masukan karya yang masih baru

Cari yang terbaru

Pastikan karya yang ada dalam portofolio yang kamu buat itu merupakan karya yang masih relevan dan update sesuai dengan perkembangan waktu saat ini. Hindari karya yang sudah usang dan dibuat sudah sangat lama. Meskipun begitu hal ini tidak berlaku jika memang karya yang kamu baut tersebut masih menarik dan menjadi sebuah prestasi dari diri kamu sendiri serta memiliki gaya yang autentik. Menyimpan karya yang sudah lama di portofolio kamu apalagi tidak menarik bukanlah pilihan yang tepat jadi pilihlah karya yang terbaru sebisa mungkin.

2. Seleksi karya terbaikmu

Seleksi gambar

Portofolio merupakan karya yang dapat memiliki nila jual dihadapan siapapun termasuk calon orang yang akan merekrut kamu. Pilihlah karya terbaik yang kamu miliki. Jangan semua karya bahkan yang kamu buat asal dimasukan kedalam portofolio kamu. Jika kamu menggunakan media sosial misalnya seperti Instagram sebagai portofolio tidak masalah untuk mengarsipkan karya yang kamu anggap sudah tidak menarik bagi kamu sendiri

3. Buatlah Ringkas

Buatlah ringkas

Membuat portofolio tidak harus semua karya bagus kamu dimasukan semua. Ini berlaku untuk kamu yang membuat portofolio di media selain website di internet. Pilihlah karya terbaik di antara karya terbaik yang kamu miliki. Portofolio dengan karya yang terlalu banyak tidak akan membuat portofolio mu terlihat keren, jadi bijaklah dalam menentukan karya karena orang tidak akan melihat terlalu lama portofolio.

Itulah ketentuan yang dapat menjadi sebuah rujukan dalam membuat portofolio. Pastikan kamu kemas portofolio kamu semenarik mungkin dan memiliki ciri khas. Dengan demikian portofolio kamu bisa memiliki nilai jual dan dapat menarik.


Masih punya pertanyaan?

Kalau masih bingung tentang DKV tanyakan aja di Forum Diskusi Portal Dekave, Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *