10 Jenis Desainer Grafis dan Penjelasannya pada Masa Kini 1

10 Jenis Desainer Grafis dan Penjelasannya pada Masa Kini

Jenis Desainer Grafis – Desainer grafis merupakan sebuah istilah yang hari ini sudah cukup general alias umum. Meskipun pada prinsipnya sama namun seiring perkembangan zaman seorang desainer akhirnya dikelompokkan masing-masing berdasarkan tugas, fungsi dan tujuan yang dibuat sehingga menghasilkan sub sektor baru pada bidang desain grafis. Namun jenis desainer apa saja sih yang ada pada zaman sekarang ? berikut penjelasannya dari Portal Dekave :

Jenis Desainer Grafis : Advertising Designer

Jenis Desainer Grafis : Advertising Designer

Advertising designer adalah seseorang yang berfokus mendesain karya visual untuk keperluan promosi dan periklanan. Desainer jenis ini harus memahami bagaimana melakukan marketing dengan visual serta mampu memberikan persuasif terhadap target audience.

Jenis Desainer Grafis : Visual Identity Designer

Jenis Desainer Grafis : Visual Identity Designer

Tidak melulu tentang logo, visual identity designer harus bisa menciptakan sebuah branding yang kuat dari identitas visual yang ia buat. Desainer ini juga selain menciptakan logo sebagai elemen utama namun juga menciptakan beberapa aturan regulasi terkait visual pada sebuah brand. Desainer ini juga dapat membuat ikon, maskot, packaging, gaya desain brand serta visual yang dapat mengingat audience terhadap sebuah brand.

Jenis Desainer Grafis : Motion Graphic Designer

Jenis Desainer Grafis : Motion Graphic Designer

Sesuai namanya, desainer motion graphic adalah seseorang yang mengolah elemen grafis dan memberikan sebuah gerakan pada elemen tersebut (motion) sehingga dapat bergerak. Output motion graphic designer biasanya dalam bentuk video yang lebih atraktif. Meski demikian desainer ini bisa saja masuk ke desainer sektor lainnya seperti advertising.

Jenis Desainer Grafis : Animation Designer

Jenis Desainer Grafis : Animation Designer

Animation designer adalah seorang desainer yang berfokus pada keperluan dalam menciptakan animasi. Animasi 2D, 3D, VR, ataupun games tentu perlu sebuah desain karakter, asset grafis dan texture yang dibuat oleh desainer sehingga desainer pada sektor ini cukup vital dalam menciptakan visual dalam animasi yang dibuat.

Jenis Desainer Grafis : Illustrator Designer

Jenis Desainer Grafis : Illustrator Designer

Illustrator designer adalah seorang desainer yang menciptakan dan mengisi sebuah visual penjelas dan penggambaran pada sebuah konten. Dasarnya manusia lebih menyukai sebuah gambar visual hal inilah yang membuat desainer ini hadir untuk sebisa mungkin dapat mendukung bahkan menggantikan elemen tulisan menjadi sebuah ilustrasi yang terlihat lebih asyik.

Jenis Desainer Grafis : Layout Designer

Jenis Desainer Grafis : Layout Designer

Layout designer adalah seorang desainer grafis yang berfokus dalam hal tata menata sebuah elemen visual. Layout designer biasanya hadir dalam urusan penerbitan dan percetakan. Output seorang layout designer bisa berupa layout majalah, layout album foto, layout buku dan keperluan tata menata dalam cetak digital.

Jenis Desainer Grafis : Typography Designer

Jenis Desainer Grafis : Typography Designer

Typography designer adalah seseorang yang berfokus dalam menciptakan. mengatur dan mengolah sebuah tipografi. Desainer jenis ini merupakan bidang yang sangat spesifik karena keahliannya akan lebih fokus pada tipografi itu sendiri.

Jenis Desainer Grafis : User Interface (UI) Designer

Jenis Desainer Grafis : User Interface (UI) Designer

User Interface desainer adalah seseorang yang berfokus dalam menciptakan sebuah antarmuka umum-nya berupa aplikasi maupun website. UI designer berfokus dalam menciptakan elemen grafis yang menarik pengguna sehingga pengguna bisa betah melihat visual dari sebuah website atau aplikasi digital. Outputnya adalah sebuah prototype dari website atau aplikasi yang didalamnya terkandung ilustrasi, button, gui, icon dll.

Jenis Desainer Grafis : User Experience (UX) Designer

Jenis Desainer Grafis : User Experience (UX) Researcher

Bekerja sama dengan UI desainer, UX Designer juga mengolah sebuah elemen grafis antarmuka namun lebih ditekankan kepada riset pengalaman pengguna sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk menggunakan sebuah aplikasi atau website. UX Designer harus bisa mengetahui isi pikiran pengguna dan dapat mengatur pengguna sesuai dengan skema yang diinginkan. UX Designer juga mengatur sebuah mekanisme dan tampilan pada aplikasi atau website.

Jenis Desainer Grafis : Full Stack Designer

Full Stack Designer

Full stack desainer merupakan istilah baru dan merupakan seseorang dengan “edisi lengkap dan komplit”. Bagaimana tidak? seorang desainer full stack merupakan sebuah gabungan dari UI Designer, UX Researcher serta juga seorang front end developer sehingga bukan hanya kemampuan desain dan riset namun seorang full stack designer juga harus menguasai coding khususnya CSS dan html. Desainer ini dapat menciptakan dari nol hingga jadi secara nyata sebuah tampilan aplikasi atau website.


Masih punya pertanyaan?

Kalau masih bingung tentang DKV tanyakan aja di Forum Diskusi Portal Dekave, Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *