Skip to main content

Inilah Pengertian dan Perbedaan Logotype dengan Logomark!

Advertisements
Inilah Pengertian dan Perbedaan Logotype dengan Logomark!

Pernahkah kamu memperhatikan ketika sedang mencari referensi dan melihat sebuah website jasa desain logo bahwa sebuah logo itu memiliki berbagai bagian anatomi elemen? Yup pada dasarnya logo dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu berupa Logotype dan Logomark (atau biasa disebut logogram).

Masing-masing elemen memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda dalam kebutuhan branding. Namun sebelum lebih lanjut, apa sih maksud dari Logotype dan logomark tadi ? apa perbedaannya ? yuk kita cari tau!

Pengertian Logotype

Logo Nokia berbentuk Logotype

Logotype adalah sebuah elemen logo yang mengandung nama merek dalam bentuk teks (bisa dibaca secara fisik). Penggunaan Logotype biasanya hadir pada sebuah branding yang baru muncul dan sedang berkembang. Hal ini tentu bertujuan untuk memperkenalkan nama merek itu sendiri agar mudah dikenal oleh siapa yang melihatnya.

Logotype dalam dunia branding biasanya memiliki bentuk yang khas dalam tipografi yang dibuatnya. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan citra tertentu sehingga dapat mencerminkan latar belakang dan jenis usaha brand yang dibangun.

Banyak logo bisnis perusahaan yang dalam brandingnya hanya mengandalkan logotype contoh seperti logo Nokia, Samsung, Polytron dan masih banyak lagi.

Advertisements

Pengertian Logomark / Logogram

Logogram

Logomark atau bisa disebut juga logogram adalah elemen logo yang berbentuk gambar, ikon atau bentuk visual. Ada beberapa merek yang hanya menggunakan elemen logomark ini seperti produk Apple. Penggunaan elemen ini tanpa didampingi elemen logotype biasanya terdapat pada merek yang sudah memiliki populasi dan sudah terkenal.

Logomark yang bagus adalah gambar yang mudah diingat, sehingga masyarakat bisa mengasosiasikan gambar logo menjadi nama merek yang dimaksud.

Perbedaan Logotype dengan Logomark

Sehingga perbedaan dari logotype dan logomark adalah logotype itu berbentuk tulisan yang dapat dibaca sedangkan logomark merupakan elemen gambar visual. Logotype memiliki satu arti ketika dilihat karena memiliki konteks bacaan yang jelas. sedangkan logomark dapat menghasilkan makna yang berbeda pada setiap orang yang melihatnya.

Logotype dan logomark dapat berdiri sendiri namun juga dapat saling mendukung dan menjadi satu bagian yang utuh. Banyak logo yang menggabungkan logotype dengan logomark. Itulah ulasan mengenai Pengertian dan Perbedaan Logotype dengan Logomark. Selanjutnya ada banyak jenis jenis logo yang lebih kompleks, untuk mengetahuinya silakan baca post sebelumnya yaa, Terima kasih.

Advertisements

Tentang Penulis

Yusril Ibnu

The user-centric designer. Always think critically and must know the reason behind the design. Born to be a leader but love to learn. 7 years consistently in Visual Communication Design from high school to university.

Lihat semua tulisan Yusril Ibnu

💬 Yuk beri pendapat dan komentarmu!

🔎 Masih punya pertanyaan terkait masalah desain dan DKV?

Gak usah insecure gitu dong. Yuk langsung ditanya aja #PastiDijawab

Buka Forum Diskusi