Skip to main content

Hal Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menciptakan Desain Logo

Advertisements
Hal Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menciptakan Desain Logo

Logo bukan hanya sebuah grafis untuk mengkomunikasikan, Logo adalah sebuah identitas dari suatu brand yang sangat melekat dan menjadi jati diri. Setiap brand tentu ingin memiliki logo yang baik agar bisa terus eksis di dalam marketnya. Namun bagaimana kita sebagai desainer dapat membuat logo yang baik dan bagus ? berikut caranya :

Relevan

Karena logo adalah identitas maka wajiblah logo relevan dengan branding nya. Orang yang melihat harus bisa mengidentifikasi bidang apa dari logo yang dibuat. Jika branding tersebut tentang kesehatan buatlah tampak itu logo untuk kesehatan, jika branding tentang otomotif ya buatlah style ala gaya otomotif. Jangan sampai bidang kesehatan tapi logo berkesan untuk otomotif, jadi buatlah relevan ya. Cari referensi bidang logo yang kamu buat, cari ciri khas yang mencirikan bidang tersebut misalnya otomotif berciri khas tebal dan kokoh, ini berbeda dengan bidang kesehatan yang biasanya berwarna hijau dan biru.

Advertisements

Futuristik

Logo yang baik adalah logo yang memikirkan untuk waktu jangka panjang hingga ke masa depan. Sehingga konsep dan desain yang dibuat bisa dipakai sepanjang waktu. Ini berfungsi untuk menjaga konsistensi dalam membuat logo. Logo yang cocok menjadi inspirasi adalah logo coca cola yang dari dulu hingga sekarang tidak pernah berubah.

Mudah Diingat

Logo yang baik adalah logo yang mudah diingat oleh kita. Logo yang mudah diingat adalah logo yang memiliki ciri khas, unik dan berbeda. Cobalah buat point of view (pusat perhatian) pada logo yang dapat membuat mata mengingatnya. Buat unsur terpenting dalam logo. Hal terpenting adalah jangan sampai logo yang kita buat justru malah mengingatkan konsumen dengan logo branding lain. Kalau bisa justru kita buat sebaliknya, biarlah logo kita yang selalu teringat!

Advertisements

Simpel

Berkaitan dengan poin sebelumnya, logo yang kita buat tidak perlu terlalu kompleks yang tujuan nya agar mudah diingat. Buatlah logo menjadi simpel. Simpel bukanlah minimalis, simpel artinya tidak lebih dan juga tidak kurang. Inilah persepsi yang harus kita perbaiki. Dengan desain simpel dan tidak berlebihan maka akan menciptakan logo yang tampak lebih professional. Orang dalam melihat logo sebenarnya tidak punya waktu banyak untuk mengidentifikasi, sehingga dengan desain simpel, logo dapat dilihat dalam waktu sebentar. Logo yang baik adalah logo yang mengkomunikasikan pesan yang simpel saja seperti logo amazon, apple, hyundai dll.

Baik dalam Skala apapun

Logo yang baik dapat diperbesar dan diperkecil dengan mudah. Bahkan logo yang baik itu di ukuran terkecil sekalipun masih dapat diidentifikasi. Untuk menciptakan logo seperti ini diperlukan desain yang mudah diingat, simpel dan kuat dalam ciri khas nya.

Mudah diterapkan di berbagai media

Terakhir logo yang baik adalah logo yang bisa diterapkan di berbagai media untuk keperluan branding. Logo harus bisa diterapkan seperti kaos, gelas, kartu nama, pulpen dan hal hal yang biasa branding butuhkan untuk keperluan merchandise. Logo yang baik juga bisa diterapkan dalam hanya 2 warna hitam putih. Sehingga dengan ini logo harus memiliki fleksibilitas tinggi selain dalam bentuk skala saja.

____

Memang logo merupakan desain yang tidak mudah dan mahal, karena kita harus memikirkan konsep, ide juga faktor faktor di atas tadi. Dengan sering berlatih tentu kita akan terbiasa untuk menciptakan logo yang baik.

Advertisements

Tentang Penulis

Yusril Ibnu

The user-centric designer. Always think critically and must know the reason behind the design. Born to be a leader but love to learn. 7 years consistently in Visual Communication Design from high school to university.

Lihat semua tulisan Yusril Ibnu

💬 Yuk beri pendapat dan komentarmu!

🔎 Masih punya pertanyaan terkait masalah desain dan DKV?

Gak usah insecure gitu dong. Yuk langsung ditanya aja #PastiDijawab

Buka Forum Diskusi