Skip to main content

Apa Bedanya Graphic Designer dan UI/UX Designer ?

Advertisements

Graphic Designer dan UI/UX Designer – Pada era digital saat ini pekerjaan seorang designer semakin beragam dan berkembang. Seorang designer memiliki artian umum seseorang yang merancang sesuatu hal apa-pun itu.

Semua orang dapat menjadi designer dalam konteks umum, namun pada dunia profesi tentu jenis-jenis designer ini memiliki klarifikasi khusus.

Meskipun memiliki tittle sama sama seorang designer tentu antara satu dan lainnya memiliki objek rancangan yang berbeda. Hal ini termasuk dengan graphic designer dan UI/UX Designer.

Kedua peran ini sama-sama merancang tapi tentu jelas berbeda. Lalu apa bedanya Graphic Designer dan UI/UX Designer ?

Mengenal Graphic Designer

pen, tablet, technology

Graphic designer adalah seseorang yang merancang grafis visual sehingga dapat menyampaikan komunikasi. Graphic designer biasanya berada dalam departemen marketing.

Tujuan graphic designer berorientasi pada kampanye promosi dan brand. Manfaat yang diharapkan dari seorang graphic designer adalah meningkatkan penjualan, memperluas awareness, menyampaikan informasi, dan melakukan persuasi.

Pada era digital graphic designer dapat bekerja sama dengan digital marketing untuk membuat kampanye. Pekerjaan yang dilakukan graphic designer bisa berbagai macam bergantung pada sebuah perusahaan.

Pekerjaan seorang graphic designer diawali dari melihat brief, riset pasar, mencari ide, sketsa, dan hingga menjadi final artwork. Secara umum berikut beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang graphic designer :

  • Membuat branding (logo, color brand, identity visual, brand guidelines, merchandise)
  • Membuat desain konten kampanye baik cetak (meliputi poster, banner, baliho) maupun digital (konten sosial media dan iklan digital)
  • Membuat layout buku, majalah atau koran
  • Membuat visual seperti ilustrasi, storyboard atau komik

Pada perusahaan besar biasanya Graphic Designer memiliki spesialis dibidang tertentu. Graphic designer dapat dipecah menjadi Identity Visual Designer, Content Designer dan lainnya.

Advertisements

Mengenal UI/UX Designer

UI/UX Designer

User Interface dan User Experience Designer adalah pekerjaan yang berorientasi pada pengguna (user). Sehingga orientasi seorang UI/UX Designer adalah pada produk bukan marketing/sales.

Hal tersebut menjelaskan bahwa UI/UX Designer berada pada departemen produk dan bekerja sama dengan product manager dan tim tech.

Tujuan UI/UX Designer adalah bagaimana menciptakan sebuah produk yang dicintai pengguna sehingga pengguna yang menggunakan produk dapat merasa nyaman dan mudah.

UI dan UX Designer sebenarnya merupakan dua roles yang berbeda. Namun pada beberapa perusahaan yang masih berkembang biasanya kedua roles ini digabung dengan alasan efisiensi. Lebih lanjut perbedaan UI dan UX Designer.

UI/UX Designer saat ini tengah berkembang pada era industri digital. Banyak perusahaan startup hingga perusahaan besar mencari talenta pekerjaan ini.

Seorang UI/UX Designer dalam era digital biasanya mendesain produk berbasis website atau apps baik untuk kebutuhan mobiles maupun desktop. Secara umum berikut pekerjaan UI/UX Designer :

  • Membuat riset dan menentukan pesona produk
  • Membuat user-flow, wireframe dan prototype dari pesona produk
  • Membuat ilustrasi, ikon dan layout pada desain produk
  • Melakukan usability testing dan evaluasi produk desain

UI/UX Designer pada perusahaan yang lebih besar biasanya akan terpecah lagi menjadi beberapa bagian seperti UI Illustrator, UI Designer, UX Designer, UX Researcher, UX Writing hingga UX Developer.

Bedanya Graphic Designer dan UI/UX Designer

Bedanya Graphic Designer dan UI/UX Designer

Memang kedua designer ini memiliki kesamaan mengolah grafis pada sebuah media. Namun, jelas Graphic Designer dan UI/UX Designer merupakan hal yang sangat berbeda.

Graphic Designer memiliki mindset pada marketing sedangkan UI/UX Designer memiliki mindset pada product. Kedua designer ini memiliki divisi yang berbeda.

Graphic Designer berusaha untuk meningkatkan awareness, promosi dan dan memberikan persuasi serta informasi kepada target market sedangkan UI/UX Designer memberikan kenyamanan kemudahan yang diinginkan pengguna.


Itulah ulasan mengenai Bedanya Graphic Designer dan UI/UX Designer. Sejatinya Seorang DKV lebih cenderung diciptakan menjadi seorang Graphic Designer (kecuali jika dalam peminatan kuliah terdapat bagian yang berorientasi pada desain website).

Namun jika kamu berminat menjadi UI/UX Designer bagi seorang DKV itu sangat memungkinkan. Hal yang terpenting adalah memahami mindset dan perbedaan yang dijelaskan sebelumnya.

Mana yang lebih baik ? Graphic Designer dan UI/UX Designer sama sama memiliki prospek pekerjaan yang besar. Tidak bisa dibandingkan karena memiliki segmen dan divisi yang berbeda.

Semua bergantung pada minat dan bakat yang kita miliki. Jika kamu suka menciptakan visual yang menarik untuk sebuah promosi dan iklan Graphic Designer menjadi pilihan yang tepat.

Namun jika kamu suka dengan desain sebuah produk website/apps dan memberikan dampak ke pengguna maka UI/UX Designer merupakan opsi yang tepat.

Advertisements

Tentang Penulis

Yusril Ibnu

The user-centric designer. Always think critically and must know the reason behind the design. Born to be a leader but love to learn. 7 years consistently in Visual Communication Design from high school to university.

Lihat semua tulisan Yusril Ibnu

💬 Yuk beri pendapat dan komentarmu!

🔎 Masih punya pertanyaan terkait masalah desain dan DKV?

Gak usah insecure gitu dong. Yuk langsung ditanya aja #PastiDijawab

Buka Forum Diskusi