Skip to main content

Gak Butuh Skill Modelling, Inilah Cara Membuat 3D Karakter Manusia dengan Mudah!

Advertisements
Gak Butuh Skill Modelling, Inilah Cara Membuat 3D Karakter Manusia dengan Mudah!

Dunia animasi 3D saat ini memang terus berkembang dengan pesat. Semakin canggihnya teknologi berbanding lurus dengan berkembangan 3D. Hal ini membuat software pembuat 3D semakin canggih dan mudah digunakan khususnya untuk orang yang pertama kali menyentuh dunia animasi 3D. Jika dahulu seorang pemula harus belajar 3D dari modelling sederhana step by step kini banyak penyedia software yang memudahkan pengguna dalam membuat modelling dengan cara yang lebih sederhana, salah satunya dalam membuat model karakter manusia.

Make Human adalah aplikasi pembuat karakter 3D yang tersedia untuk platform Windows dan iOS. Hal yang membuat aplikasi ini istimewa adalah sifatnya yang open source sehingga bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis. Make Human menyajikan user interface yang mudah digunakan dengan sistem menggeser slider present yang disediakan. Slider yang diberikan pun cukup lengkap sehingga kita bisa leluasa dalam membuat fisik manusia.

Selain mengatur fisik dan gender karakter, kita juga bisa memilih jenis warna kulit serta tipe ras karakter (apakah asia, afrika dll). Aplikasi ini juga telah menyediakan baju dan jenis rambut untuk bisa kita ubah berbagai macam. Jika kamu merasa assetnya kurang lengkap, kamu bisa download secara terpisah asset yang disediakan oleh creator di website resminya secara gratis. Tidak lupa juga kita bisa menentukan jenis topologi modelling dan bentuk rigging yang diterapkan pada karakter yang kita buat. Nah, setelah kita merasa semua sudah oke, maka kita bisa merender-nya kedalam bentuk foto.

Opsi Export MakeHuman
Opsi Export MakeHuman
File 3D Make Human yang di Import ke Blender dan membuat Pose
File 3D Make Human yang di Import ke Blender dan membuat Pose

UV Maps Hasil Export MakeHuman
UV Maps Hasil Export MakeHuman

Bukan hanya render, software ini bisa export file tersebut ke berbagai file 3D seperti  .dae, .fbx, .obj ,.stl dll. Kita juga bisa export format rig dan uv maps nya ke dalam bentuk file tertentu. Jika kita export ke bentuk 3D maka secara otomatis uv maps juga akan tersimpan sehingga kita dengan leluasa bisa mengubah tekstur dari karakter yang kita buat. Nah bagaimana ? cukup mudah bukan ? Jika ada sesuatu yang kurang tentu kita tinggal edit saja di aplikasi 3D lain seperti Blender sehingga kita tidak perlu membuat karakter dari nol yang akan memakan waktu yang lama. Nah bagi kamu yang ingin mencobanya, silakan langsung download saja di Website Resmi Make Human

Advertisements

Tentang Penulis

Yusril Ibnu

The user-centric designer. Always think critically and must know the reason behind the design. Born to be a leader but love to learn. 7 years consistently in Visual Communication Design from high school to university.

Lihat semua tulisan Yusril Ibnu

💬 Satu tanggapan “Gak Butuh Skill Modelling, Inilah Cara Membuat 3D Karakter Manusia dengan Mudah!”

🔎 Masih punya pertanyaan terkait masalah desain dan DKV?

Gak usah insecure gitu dong. Yuk langsung ditanya aja #PastiDijawab

Buka Forum Diskusi