DKV Adalah? Apa Itu DKV? Cari Tau 5 Hal dalam Jurusan Ini Ngapain aja!

DKV Adalah? Apa Itu DKV? Cari Tau 5 Hal dalam Jurusan Ini Ngapain aja!

DKV adalah apa ? Apa itu DKV? Nah bagi kamu yang belum tau, DKV adalah singkatan dari Desain Komunikasi Visual. Jika kita tinjau dari nama Desain Komunikasi Visual sendiri terdiri dari tiga kata yaitu : desain yang artinya sebuah rancangan (mengatur segala sesuatu); komunikasi yang artinya sebuah pertukaran informasi yang dapat dimengerti satu sama lain; dan visual artinya segala sesuatu yang nampak dan terlihat oleh indera penglihatan kita, sehingga DKV sendiri adalah bidang ilmu yang mempelajari cara menyusun sebuah elemen informasi yang akan disampaikan kepada orang lain dalam bentuk yang dapat dilihat oleh mata.

DKV sendiri merupakan bidang ilmu cabang dari seni terapan yang artinya bukan hanya hal estetika visual saja namun sudah memiliki nilai fungsi dalam kehidupan sehari hari. DKV awalnya bernama desain grafis namun kini terus berkembang dan istilahnya menjadi DKV karena istilah desain grafis dianggap tidak lagi relevan. Secara umum DKV mempelajari sebuah konsep bagaimana menyusun elemen visual dengan berbagai prinsip yang ada sehingga hasil karya DKV dapat berkomunikasi dengan target audience secara efektif dan menghasilkan umpan balik yang sesuai dengan keinginan. Namun apa saja sih yang akan dipelajari dalam jurusan DKV di perkuliahan dan SMK ?

DKV Adalah : Memahami cara mengolah unsur desain serta prinsip desain dan seni untuk menghasilkan visual yang baik.

DKV Adalah? Apa Itu DKV? Cari Tau 5 Hal dalam Jurusan Ini Ngapain aja! 1

Tahap awal jurusan DKV kita dituntut memahami prinsip dasar dan mengetahui bagaimana cara mengolah unsur desain menjadi sebuah visual yang baik. Biasanya hal ini dilatih di mata kuliah Nirmana. Hal ini biasanya diseimbangkan oleh beberapa mata kuliah teori untuk mendukung hal ini.

DKV Adalah : Memahami sejarah, proses pembuatan karya dan konsep perencanaan desain.

DKV Adalah? Apa Itu DKV? Cari Tau 5 Hal dalam Jurusan Ini Ngapain aja! 2

Memahami asal muasal bagaimana sebuah desain bisa hadir dengan mempelajari sejarahnya kemudian kita diajarkan bagaimana proses pembuatan karya yang benar dari tahap awal mencari ide, perancangan, sketsa, membuat karya hingga finishing. Sistem asistensi dan revisi akan menjadi keseharian kita di jurusan DKV ini. Kita juga akan memahami bagaimana konsep perencanaan dan menentukan sebuah visual bagaimana yang harus dibuat dengan melihat data dan informasi yang harus kita cari dan siapkan untuk menjadi sebuah alasan dalam menentukan sebuah visual.

DKV Adalah : Memahami dan meningkatkan keahlian dalam media desain komunikasi visual.

DKV Adalah? Apa Itu DKV?

Media Komunikasi Visual meliputi banyak hal dari menggambar, ilustrasi, fotografi, videografi, sinema, desain grafis, tipografi hingga desain web. Kita juga akan belajar teknik cara membuat sebuah media dari segi desain yang hasil outputnya bisa kalender, desain mug, branding kaos/kemeja, packaging. desain logo & visual identity, branding, stiker, poster, brosur, banner, spanduk, billboard, foto, film, video, majalah, buku cerita, desain web, car branding dan desain sign system.

DKV adalah : Memahami proses komunikasi dalam bentuk audio visual

DKV Adalah? Apa Itu DKV?

Selain berupa bentuk desain unsur komunikasi adalah hal yang penting juda dalam Dunia DKV, maka kita juga akan diajarkan bagaimana melakukan proses komunikasi penyempaian khususnya dalam bentuk visaul dan kini perkembangan nya audio pada video. Kita juga akan diajarkan psikologi bagaimana proses terkait ini.

DKV adalah : Memahami berpikir desain dan kehidupan bidang DKV

DKV Adalah? Apa Itu DKV?

Selain berkarya dan berkomunikasi terakhir adalah mindset dalam berpikir ilmiah dengan design thinking. Kita juga akan jauh lebih mengenal kehidupan dunia bidang DKV serta relasi orang – orang yang berkecimpung di dunia DKV dan unsur pendukung nya. Tentu faktor ini ditentukan juga oleh keaktifan kita sebagai mahasiswa. Komunitas himpunan penting juga karena dapat membantu menyalurkan bakat dan minat terhadap bidang spesifik yang kita sukai

Penutup

Namun perlu diingat bahwa setiap universitas berbeda beda namun penggambaran secara umum dapat kita tinjau seperti pembahasan diatas. Ada beberapa Universitas yang pada semester tertentu menentukan perminatan untuk fokus spesifik terhadap satu bidang seperti advertising, animasi dll namun ada pula yang dari semester awal hingga akhir dibuat secara umum, maka hal yang penting adalah kita harus mempelajari kurikulum dari masing masing universitas.

Prospek kerja bidang DKV sangatlah cerah dan terbuka lebar karena produk DKV ada dimanapun sebagai contoh saat kita buka internet ada seorang UI/UX designer, saat membuka hp ada iklan promosi itu juga produk DKV. Lalu keluar rumah menemukan spanduk, logo, stiker itu merupakan produk DKV. Tidak mungkin kita bisa lepas dari produk karya DKV di kehidupan sehari hari..


Masih punya pertanyaan?

Kalau masih bingung tentang DKV tanyakan aja di Forum Diskusi Portal Dekave, Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *