Skip to main content

Cara Memperbaiki SD Card Kamera yang Tidak Terbaca di PC

Advertisements
Cara Memperbaiki SD Card Kamera yang Tidak Terbaca di PC

Apakah kamu mengalami SD Card yang rusak karena tidak terbaca di komputer / laptop kamu ? padahal saat kamu masukan ke kamera SD Card terlihat baik baik saja dan normal. Jika iya berikut Cara Memperbaiki SD Card Kamera yang Tidak Terbaca di PC.

Hal ini terjadi pada SD Card kamera saya sendiri dimana saat membuka di pc tidak ada sama sekali namun data info nya muncul di disk management. Ketika saya mencoba menambahkan drive letter di disk management ternyata error, begitu pula ketika mencoba untuk meformatnya. Solusi sementara yang saya temukan waktu itu adalah dengan menambah drive letter menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti EaseUs Partition Manager setiap kali saya memasukkan SD Card ke laptop, sungguh sangat merepotkan.

Berbagai cara saya coba dengan memformat dan wipe menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga namun hasil nya nihil, hingga akhirnya saya menggunakan aplikasi HDD LFF Low Level Format tool dan ternyata membuahkan hasil. Adapun langkah – langkah untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut :

  1. Masukan SD Card, Backup data menggunakan aplikasi recovery terlebih dahulu agar file tidak hilang.
  2. Download Aplikasi HDD Low Level Format Tool dari hddguru.
  3. Buka aplikasi tersebut dan pilih perangkat SD Card yang akan diperbaiki.
  4. Format dan tunggu beberapa saat, semakin besar Storage SD Card maka akan semakin lama. Tunggu hingga beres.
  5. Keluarkan SD Card dan format kembali langsung dari kamera yang kamu gunakan.

Itulah 5 langkah mudah untuk memperbaiki SD Card yang tidak terbaca. Jika kamu gagal coba lagi sekali lagi, jika masih juga mungkin memang SD Card kamu sudah tidak bisa ter-selamatkan. Hal ini dapat terjadi karena terjadi corupt saat kita format SD Card atau-pun SD Card malah disalahgunakan untuk kepentingan penyimpanan media yang bukan fungsi-nya. Sekian semoga bermanfaat!

Advertisements

Tentang Penulis

Yusril Ibnu

The user-centric designer. Always think critically and must know the reason behind the design. Born to be a leader but love to learn. 7 years consistently in Visual Communication Design from high school to university.

Lihat semua tulisan Yusril Ibnu

💬 Yuk beri pendapat dan komentarmu!

🔎 Masih punya pertanyaan terkait masalah desain dan DKV?

Gak usah insecure gitu dong. Yuk langsung ditanya aja #PastiDijawab

Buka Forum Diskusi